Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Lobak Efektif Untuk Mengurangi Nyeri Asam Urat?



Melawan asam urat bukanlah hal yang mudah, terlebih jika Anda harus memastikan asupan sehari-hari terbebas dari purin tinggi. Sayuran, yang biasanya menjadi pilihan sehat, kemudian menjadi kekhawatiran bagi penderita asam urat. Namun, bagaimana dengan lobak? Apakah sayuran ini bisa membantu meringankan nyeri akibat asam urat?

Efek Konsumsi Lobak Pada Penderita Asam Urat

Lobak mungkin bukan sayuran yang sering Anda temui di meja makan khas Indonesia. Namun, kepopuleran sayuran ini mulai meningkat seiring banyaknya orang yang menikmati berbagai olahan lezat dari lobak. Layaknya sayuran pada umumnya, lobak kaya akan nutrisi yang mendukung kesehatan tubuh.

Para ahli kesehatan belum dapat mengkonfirmasi bahwa lobak mampu meringankan rasa nyeri atau pembengkakan yang disebabkan asam urat. Akan tetapi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi lobak putih berpotensi membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh kemampuan lobak dalam meningkatkan ekskresi asam urat melalui urine.

Selain itu, lobak termasuk dalam jenis sayuran dengan kandungan purin rendah. Dengan mengonsumsinya, jumlah asam urat dalam tubuh tidak akan bertambah. Oleh karena itu, konsumsi lobak diprediksi dapat mencegah serangan asam urat, yakni gejala nyeri, pembengkakan, hingga sensasi panas dan kaku di persendian.

Khasiat Lobak lainnya

Konsumsi lobak bukan hanya membantu mencegah serangan asam urat, tetapi juga membawa manfaat lain untuk kesehatan.

  • Sebagai pencernaan yang baik
    Lobak sangat bergizi dan mengandung banyak serat. Karena itu, konsumsi lobak secara rutin dapat membantu mencegah sembelit, meningkatkan produksi empedu, dan memberikan perlindungan bagi hati.

  • Menjaga kesehatan ginjal
    Ahli kesehatan menegaskan bahwa mengurangi kadar asam urat dalam tubuh dapat membantu menjaga kesehatan ginjal dan mencegah batu ginjal.

  • Menjaga jantung
    Lobak juga dikenal sebagai makanan yang kaya akan antosianin, menyehatkan jantung. Ditambah lagi, lobak mengandung banyak vitamin C, asam folat, dan flavonoid yang dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

  • Meningkatkan metabolisme
    Kandungan vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, dan berbagai mineral dalam lobak seperti kalium, fosfor, magnesium, kalsium, zat besi, dan seng, juga berdampak positif pada sistem metabolisme tubuh.

  • Merawat kondisi kulit
    Lobak yang kaya akan vitamin C, fosfor, dan seng dapat membantu merawat kelembapan kulit dan mencegah masalah kerontokan rambut atau ketombe.

Dengan kandungan kalori rendah dan tinggi serat serta vitamin C, lobak tentunya menjadi pilihan yang baik pada menu harian Anda, bahkan bagi penderita asam urat. Jadi, coba berbagai olahan lobak dalam diet sehat Anda, dan rasakan manfaatnya untuk tubuh Anda!