Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menghindari Kolesterol Tinggi pada Anak: Kenali Makanan yang Menyebabkan Kolesterol Tinggi



anak-makanan-cepat-saji-junk-food-doktersehat

Menghindari Kolesterol Tinggi pada Anak: Kenali Makanan yang Menyebabkan Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi selalu diasumsikan sebagai masalah kesehatan yang hanya bisa dialami oleh lansia. Nyatanya, anak-anak juga bisa terkena kolesterol tinggi jika mereka menerapkan gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat.

Makanan Penggugah Kolesterol Tinggi pada Anak

Para ahli kesehatan menyatakan bahwa anak-anak sering kali menghindari makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan. Sebaliknya, mereka cenderung lebih suka makanan cepat saji atau gorengan yang memiliki rasa gurih dan lezat. Namun, kondisi ini bisa berdampak peningkatan risiko kolesterol tinggi pada anak.

Makanan cepat saji dan gorengan memiliki kandungan lemak jahat yang tinggi. Jika anak-anak sering mengonsumsi makanan jenis ini, kadar kolesterol dalam tubuh mereka bisa meningkat dan memicu penumpukan plak dalam pembuluh darah.

Tidak hanya itu, makanan cepat saji dan gorengan biasanya juga memiliki kadar kalori yang cukup tinggi. Jika dikonsumsi setiap hari, berat badan anak bisa naik dan risiko obesitas – yang juga bisa memicu kolesterol tinggi – akan semakin meningkat.

Makanan Lain yang Memicu Kolesterol Tinggi pada Anak

Selain makanan cepat saji dan gorengan, ada beberapa makanan lain yang juga harus dibatasi konsumsinya untuk mencegah kolesterol tinggi pada anak. Berikut beberapa di antaranya:

Telur Puyuh

Telur puyuh dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi jika dikonsumsi dalam jumlah atau frekuensi yang terlalu banyak. Mengonsumsi 100 gram telur puyuh saja, sudah dapat menghasilkan sekitar 844 mg kolesterol.

Kuning Telur

Mengonsumsi kuning telur dalam jumlah berlebihan bisa meningkatkan kenaikan kolesterol jahat di dalam darah. Ada kandungan 1.085 mg kolesterol di dalam 100 gram kuning telur.

Cumi

Cumi juga memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Mengonsumsi 100 gram cumi akan mendapatkan 260 mg kolesterol.

Daging Olahan

Daging olahan seperti nugget, sosis, ham, kornet, dan lainnya juga merupakan sumber kolesterol jahat yang penting untuk diwaspadai.

Kerang

Kerang juga tinggi kandungan kolesterol. Sebanyak 85 gram konsumsi kerang saja sudah menyediakan 166 mg kolesterol.



Keyword yang digunakan dalam artikel ini: Kolesterol tinggi, anak, makanan penyebab kolesterol tinggi, mencegah kolesterol tinggi, gaya hidup sehat.