Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perlu Tahu: Apa Itu Urat Menonjol Pada Tangan dan Apakah Itu Masalah Kesehatan?



nyeri-di-tangan-doktersehat

Perlu Tahu: Apa Itu Urat Menonjol Pada Tangan dan Apakah Itu Masalah Kesehatan?

Urat menonjol biasanya lebih sering terjadi pada orang dewasa lanjut usia, namun kini semakin banyak kaum muda juga mengalaminya. Dalam artikel ini kita akan mengupas penyebab urat terlihat menonjol dan apakah kondisi ini menandakan adanya masalah kesehatan.

Kenapa Urat di Tangan Terlihat Menonjol?

Pakar kesehatan menjelaskan bahwa lapisan kulit pada usia lanjut biasanya menipis, membuat urat dan pembuluh darah tampak lebih jelas. Namun, urat menonjol pada tangan misalnya, juga bisa terjadi pada usia muda. Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi fenomena ini:

1. Warna Kulit

Pemilik kulit yang cenderung lebih cerah akan lebih mungkin menunjukkan urat yang tampak. Warna pembuluh darah dan urat yang dominan biru, ungu atau merah akan terlihat lebih kontras dengan warna kulit yang lebih terang.

2. Berat Badan

Bagi individu dengan tubuh gemuk, urat mereka cenderung kurang tampak. Namun, berbeda dengan orang yang bertubuh kurus. Meski warna kulitnya cerah atau masih muda, besar kemungkinan urat akan terlihat lebih jelas pada kulitnya.

3. Aktivitas Fisik

Orang yang rajin berolahraga, terutama olahraga pembentukan otot seperti angkat beban, cenderung memperlihatkan urat yang lebih menonjol. Alasannya, pembuluh darah mendapat tekanan besar selama aktivitas fisik berintensitas tinggi.

4. Kehamilan

Sebagian perempuan hamil menunjukkan urat yang lebih menonjol, termasuk di tangan. Kondisi ini disebabkan oleh volume darah yang meningkat sementara waktu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi ibu dan janinnya.

5. Varises

Varises, kondisi kesehatan yang menyebabkan pembengkakan pembuluh darah vena, juga dapat menyebabkan urat tampak lebih menonjol.

Efek Samping Obat

Beberapa jenis obat, khususnya steroid, dapat menyebabkan urat tampak lebih menonjol.

Kapan Harus ke Dokter?

Kondisi urat menonjol ini umumnya wajar dan tidak memerlukan perawatan khusus. Tapi jika disertai gejala lain seperti perubahan warna urat, pembengkakan, atau sensasi nyeri saat disentuh, segera konsultasikan dengan dokter.


Tag Robot: <meta name="robots" content="urat menonjol, urat menonjol pada tangan, penyebab urat menonjol, kesehatan, varises, kehamilan, aktivitas fisik">